Jump to content
Sign in to follow this  
irrp08963

[GUIDE] Menjadi Warga Sipil yang Sejahtera

Recommended Posts

Menjadi Warga Sipil yang Sejahtera

====================================================
 

Halo, disini saya ingin berbagi guide roleplay menjadi warga sipil (good side) yang sejahtera. Warga sipil dalam roleplay kadang dianggap remeh oleh orang-orang, karena warga sipil sering kali perannya dianggap hanya sebagai korban dari bad side. Tanpa ada warga sipil suasana roleplay pun juga akan terasa kurang. Tidak perlu khawatir dan berfikir 'males lah jadi sipil, dibegal mulu. susah banget mau kerja aja.', 'capek jadi sipil, makan hati jadi korban kriminal mulu..' karena itu adalah bagian dari roleplay sipil. Perlu diingat, dalam bermain 'roleplay' tujuan kita bermain bukanlah mencari kemenangan. Berikut beberapa tips dari saya pribadi:

1. Pahami 'Rules' atau Peraturan Roleplay
Pertama dan yang paling utama, adalah kalian paham soal peraturan/rules dasar dalam bermain. Memang benar, dalam bermain kita seharusnya bersenang-senang semau kita, sepuasnya. tetapi, lakukanlah dengan benar. Karena kalian bermain disini dengan orang lain, yang artinya segala tindakan yang kalian lakukan haruslah kalian fikirkan terlebih dahulu apakah bisa merugikan orang lain atau tidak. silahkan baca peraturan dasar dengan klik
ditulisan ini.

2. Ambil Job yang kalian Minati
Mengambil Pekerjaan yang kalian minati bisa membantu kalian berkerja lebih semangat dan giat. karena jika kalian berkerja dengan hati maka roleplay apapun yang sedang kalian lakukan akan terasa ringan walau orang lain bilang membosankan, seperti menjadi Driver Bus, Pedagang, Nelayan atau lainnya. Jika kalain merasa bosan dengan pekerjaan yang saat ini kalian lakukan setelah sekian lama melakoni Roleplay tersebut, maka ambilah waktu dengan memerankan karakter anda liburan seperti jalan-jalan, terjun payung, memancing atau mencoba job desk lain yang tersedia di kota seperti job city hall lainya atau job pada suatu faksi lainnya.

3. Bergabunglah dengan Faction Legal
Dengan kalian bergabung dengan suatu faksi legal, kalian akan mendapatkan tambahan roleplay yang akan kalian rasakan begitupun dampaknya kepada kehidupan In Character kalian seperti; kalian bisa menjadi orang kaya, mengabdi kepada negara dan mendapatkan keterampilan yang tidak dapat dilakukan orang sembarangan. maka dari itu, bergabunglah dengan faksi legal dengan bidangnya masing masing, seperti Los Santos Company yang khusus dibidang Pekerjaan, X3 Garage dan GoSpeed yang khusus dibidang Otomotif dan BlueJet yang khusus dibidang Maskapai. Atau, dirikan sendiri faksi legal kaian dengan ide roleplay kalian sendiri.

4. Gunakan Pengalaman
Kalian harus paham lingkungan yang biasa terjadi aktifitas kriminal seperti misalkan kalian pernah 'dibegal' disuatu tempat (misalnya) gang sempit didekat Pom Idlewood maka kalian harus ingat tempat itu lalu hindari melewati tempat itu lagi ketika anda sedang rutin Berkerja ataupun sedang berkendara. Karena seharusnya semakin sering kalian di Rob, maka seharusnya semakin kalian sulit di Rob. Gunakanlah pengalaman kalian baik itu dari menghafal tempat tempat bahaya, belajar Bela diri, hingga memahami  rules Roleplay Behavior dari Robbery. Dan juga jagalah sikap anda kesemua orang di kota, teruslah bersikap ramah. Karena jika memang ada orang yang tidak suka maka orang tersebut pasti akan mencari-cari kesempatan setiap kali bertemu untuk berbuat kriminal kepada kalian. Lalu jika kalian terus diganggu dengan orang tersebut dengan tanpa alasan atau tanpa roleplay yang jelas dimana pada RP sebelumnya anda telah ter-PK oleh player tersebut tetapi player tersebut terus menerus mengganggu Roleplay kalian, maka kalian bisa melaporkan player tersebut ke forum report untuk ditindak oleh Admin.

5. Bangun atau Beli Bisnis sendiri.
Membeli Properti Bisnis dapat membantu penghasilan kalian untuk kebutuhan sehari-hari bahkan untuk tabungan kalian, Berapapun modal usahanya, tetap bisa menambah penghasilan kalian. Bangunlah usaha/bisnis kalian dengan membeli properti bisnis yang disediakan San Andreas State Government. Jangan lupa juga untuk mengelola/mengurus usaha kalian mulai dari mendaftarkan bisnis kalian kembali ke SASG lalu membuat rutinitas aktifitas bisnis kalian.

Itulah yang bisa saya bagikan kali ini, Saya meminta maaf apabila penyampaian saya kurang berkenan dan terdapat kesalahan kata. Saya sangat membuka masukan dari kalian yang lain tentang cara menjadi warga sipil yang sejahtera bagaimana. Terima kasih. 🙏

  • Like 5

Share this post


Link to post
Share on other sites

Wah, terima kasih bang. Kata-katanya bisa mudah dipahami, mungkin saran dari saya bisa dimasukkan foto seperti kegiatan yang bisa dilakukan ketika bosan seperti memancing, diving, lainnya. Nah jadinya bakalan ada pemanis ketika membaca thread ini 😄

  • Thanks 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...