Jump to content
kevinc

[Guide] Be a Good Doctor - inspired from some K-Dramas

Recommended Posts

Hampir 3 minggu bermain di server ini, setiap ke rumah sakit yang dokter lakukan hanya memeriksa luka dengan /examine, membersihkan luka, lalu /heal pada pasien tersebut, itu saja yang dilakukan oleh dokter ketika ada pasien yang datang dengan kondisi terluka. Tentu ini jauh lebih baik ketimbang memberikan vitamin, seolah vitamin adalah obat dari segala sakit penyakit yang ada. Namun, tentu tidak semua orang yang datang ke rumah sakit adalah orang yang terluka, sehingga hanya dengan melakukan hal-hal yang tadi sudah disebutkan diatas maka orang tersebut akan sembuh.

Thread ini terinspirasi dari K-Dramas yang sudah saya tonton sampai tamat, yaitu Descendant of The Sun dan W : Two world apart dimana pada kedua K-Drama tersebut terdapat peran seorang dokter.

Dalam kedua seri tersebut, diceritakan bahwa dokter adalah pekerjaan paling mulia dimana mereka akan tetap merawat siapapun yang datang ke rumah sakit, sekalipun itu adalah musuh mereka. Berdasarkan hal ini, kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa dokter akan mementingkan nyawa ORANG HIDUP. Beberapa waktu yang lalu, saya memiliki pengalaman dengan dokter di IRRP yang lebih mementingkan MAYAT, yang mana berarti itu sudah mati, ketimbang ORANG HIDUP yang terluka akibat ledakan di pom bensin. Ketika kami melakukan protes keras secara IC, dokter tersebut meminta kami untuk mendalami pengetahuan kami. Sepertinya dokter tersebut seharusnya mengerti etika dokter. Berbicara mengenai etika kedokteran, berikut saya lampirkan kode etik profesional kedokteran.

image.thumb.png.8849ea7ae71d1b652955a3aa42ef6317.png
Sumber : Universitas Malikussaleh

Back to topic, menjadi seorang dokter yang baik sebenarnya cukup terpaku pada 5 poin sikap etis dan profesional dokter seperti pada gambar diatas.

  • Autonomy ( menghormati hak pasien ) : Sebagai seorang pasien, pasien sangat berhak untuk menolak apa yang akan dilakukan oleh dokter terhadap tubuhnya. Sebagai contoh, jika pasien memiliki luka dan dokter hendak menjahit luka tersebut, dokter harus menanyakan kepada pasiennya apakah si pasien bersedia untuk ditindak. Selain itu, pasien juga memiliki hak untuk mengetahui kondisi dirinya sendiri, karena itu dokter harus bisa menjelaskan apa yang terjadi pada tubuh si pasien dengan sangat detail, tetapi tidak diperbolehkan menggunakan bahasa kedokteran yang tidak dimengerti oleh orang awam.
  • Beneficence ( melakukan tindakan untuk kebaikan pasien ) : Sesuai dengan penjelasan diatas tadi bahwa dokter akan melakukan apa saja yang penting pasien yang dirawatnya selamat, dengan catatan bahwa semua ini seizin pasien atau keluarga pasien. Sudah dipastikan bahwa dokter akan mengutamakan merawat "Pasien" dibandingkan merawat "Mayat".

Pada thread ini saya hanya akan menjelaskan 2 poin pertama dengan alasan kedua poin tersebut adalah poin esensi dari kelima poin sikap etis dokter. Alasan yang kedua adalah 2 poin pertama adalah inti dari dokter yang hebat dan baik. Alasan terakhir karena 3 poin terbawah belum bisa diterapkan secara nyata pada IRRP.

Mohon izin untuk berbagi cerita dan wawasan. Silahkan berargumen jika dirasa thread ini tidak menjelaskan dengan detail soal kedokteran dan lain sebagainya. Thread ini juga ditulis oleh seorang yang awam dunia medis, pasti banyak kekeliruan dalam menafsirkan 5 poin sikap etis tersebut.

  • Sad 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Nice guide, bang @kevinc. Gua izin menambahkan saran yang mungkin bisa dipakai untuk RP sebagai dokter.

Yang pertama, dasarnya sendiri, dalam dunia kedokteran itu ada yang namanya Anamnesis, yaitu wawancara mengenai keadaan pasien. Hal ini bisa meliputi riwayat penyakit, riwayat alergi obat, dan lain-lain yang nantinya hasilnya bisa digunakan dalam menentukan pengobatan. Hal ini jika di-RP-kan tentunya akan menambah keren RP dari LSES dalam menangani pasien yang datang ke ASGH atau CGH.

Yang kedua, daripada sekadar memberi vitamin, ada baiknya kasih obat spesifik sesuai keluhan, dan dari pasien sendiri harusnya juga bisa mengeluhkan penyakit yang spesifik agar diberi obat yang spesifik pula. Karena kurang realistis juga kalo datang ke RS cuma buat beli vitamin tiap hari. Apa aja keluhan penyakitnya dan apa aja obatnya? Banyak. Banget.

  • Sakit kepala, kita kasih muscle relaxant misalnya diazepam.
  • Migraine, kita kasih ergotamine.
  • Demam, kita kasih NSAID seperti Ibuprofen
  • Diare, kita kasih Loperamide.
  • Dan masih banyak lagi...

Keren kan kalo di-RPin gini, daripada pak vitamin bu vitamin tiap kali ke rumah sakit.

Yang ketiga, pemeriksaan tanda vital.

Pemeriksaan tanda vital ga hanya waktu cedera doang, tapi tiap pemeriksaan ke dokter, selalu di cek tanda vital. Apa aja tuh? TTV meliputi blood pressure, heart rate, respiration rate, dan body temperature. 

Blood Pressure bisa kita cek dengan alat tensi, namanya Sfigmomanometer atau nama lainnya tensimeter. Karena sudah 2021, RS apalagi sekelas RS Los Santos di Amerika, bisa digunakan tensimeter digital seperti ini.

Spoiler

spacer.png

Heart rate bisa kita nilai dengan memegang pada arteri pasien, tepatnya di tepi tangan sisi lateral/sisi sebelah jempol.

Respiration rate kita nilai dari gerakan pundak pasien saat menarik dan menghembuskan napas. Atau jika pasien membuka bajunya, kita lihat kembang kempisnya dada pasien. Biasanya dinilai sembari memegang tangan pasien untuk menilai heart ratenya.

Body temperature tentu kita periksa dengan thermometer, jaman sekarang pakai thermogun.

RPnya gimana? Tergantung kreativitas tapi ini gua kasih contoh kalo gua harus RPin sebagai dokter.

Spoiler

**Teddy Roosevelt mengambil tensimeter dan thermogun dari lemari alat medis, kemudian meletakkannya di meja di sebelah pasien.

**Teddy Roosevelt memasangkan manset tensimeter ke lengan kiri pasien, kemudian menekan tombol start pada layar kecil di alat tersebut.

**Berapakah angka yang keluar pada layar? Normal kisaran 120/80 ((Teddy Rooscelt))

**Angka yang keluar adalah 110/80. ((Jack Fitzgerald))

**Teddy Roosevelt melepas manset di lengan pasien dan meletakkannya kembali ke meja.

**Teddy Roosevelt mengambil thermogun dan mengarahkannya ke pelipis pasien, lalu menekan tombol pada thermogun.

**Berapa angka yang akan muncul pada thermogun? Normal 36-37,5oC ((Teddy Roosvelet))

**Angka yang akan keluar adalah 37. ((Jack Fitzgerald))

**Teddy Roosevelt meletakkan thermogun ke meja.

**Teddy Roosevelt memegang tangan pasien, memposisikan jari tengah dan jeri telunjuk nya di arteri radialis pasien.

**Berapa heart rate pasien? Normal 60-100x per menit ((Teddy Roosevelt))

**75x per menit. ((Jack Fitzgerald))

**Teddy Roosevelt melihat gerakan pundak pasien, menilai respiration rate.

**Berapa RR pasien? Normal 12-24x per menit ((Teddy Roosevelt))

**15 ((Jack Fitzgerald))

Nah, kira-kira RPnya bisa begitu, mendukung apa yang dibilang bang @kevinc, "hanya memeriksa luka dengan /examine, membersihkan luka, lalu /heal pada pasien tersebut," gua rasa RP gini bisa dikembangkan sesuai kreativitas masing-masing.

Sekian dari gua, maaf kalo panjang, semoga membantu, Adios!

 

 

Edited by nathan06
  • Like 1
  • Thanks 1

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.


×
×
  • Create New...